Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Medan Dorong Partisipasi Masyarakat Kawal Pilkada 2024

Ketua Bawaslu Kota Medan David Reynold Saat Memberikan Sambutan dan Membuka Acara

Ketua Bawaslu Kota Medan David Reynold Saat Memberikan Sambutan Sekaligus Membuka Acara Pengawasan Partisipatif Dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024

Medan_BawasluMedan- Menjelang Pilkada 2024, Bawaslu Kota Medan menyelenggarakan kegiatan Pengawasan Partisipatif Dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024 pada Jumat (6/9/2024). Ketua Bawaslu Kota Medan David Reynold memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut secara resmi.

"Masyarakat diperlukan untuk terlibat mengawasi Pilkada. Misalnya dengan memantau pelaksanaan pemilihan, melaporkan dugaan pelanggaran dan berbagai upaya pencegahan," kata David.

Bawaslu Kota Medan menyadari masih rendahnya kesadaran politik masyarakat dan minimnya pengetahuan masyarakat perihal kepemiluan. Hal ini yang melatarbelakangi diadakannya kegiatan tersebut. 

Foto Bersama Saat Kegiatan Pengawasan Partisipatif Dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024

Peserta dalam kegiatan ini yaitu perwakilan tokoh perempuan, pemilih pemula, organisasi masyarakat dan tokoh agama. Adapun narasumber yang terundang diantaranya Yenni Chairiah Rambe dan Dr. Zulkarnain Nasution. 

Narasumber Yenni Chairiah Rambe Menyampaikan Materi Pengawasan Partisipatif Pilkada Serentak 2024

Indikator keberhasilan pengawasan menurut Yenni, bukan ditentukan dari banyaknya temuan pelanggaran dan tindak lanjutnya oleh pengawas pemilihan. Akan tetapi dari seberapa efektif upaya pencegahan pelanggaran pemilihan dapat dilakukan oleh pengawas Pemilihan. 

Narasumber Dr. Zulkarnain Nasution Menyampaikan Materi Pengawasan Partisipatif Pilkada Serentak 2024

Di sisi lain,  Zulkarnain mengatakan tujuan pengawasan partisipatif ini adalah untuk mencegah terjadinya konflik sehingga terwujud pemilu berintegritas untuk peningkatan kualitas demokrasi.

Foto: Humas Bawaslu Medan

Penulis dan Editor: Austin Nalsalina